SPBE

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Secara umum pemanfaatan IT dalam menunjang pelayanan publik pada pemerintah daerah telah didukung oleh pemerintah pusat melalui kebijakan dan strategi nasional pengembangan e-Government. Pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), menyebutkan bahwa untuk mewujudkan suatu proses kerja yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik maka perlu dilakukan evaluasi secara berkala.

Proses penilaian terhadap evaluasi dilakukan dengan mengacu pada pengukuran tingkat kematangan kapabilitas fungsi teknis pada metode e-Government Maturity Model (eMM) yang terdiri dari 3 domain, 7 aspek, dan 35 indikator SPBE seperti pada tabel sebagai berikut:

DomainAspekIndikatorDeskripsi
Domain 1: Kebijakan SPBEAspek 1: Kebijakan Tata KelolaIndikator 1Kebijakan Tim Pengarah SPBE Instansi Pemerintah


Indikator 2Kebijakan Inovasi proses bisnis terintegrasi


Indikator 3Kebijakan Rencana Induk SPBE Instansi Pemerintah


Indikator 4Kebijakan Anggaran dan Belanja IT


Indikator 5Kebijakan Pengoperasian Pusat Data


Indikator 6Kebijakan Integrasi Sistem Aplikasi


Indikator 7Kebijakan Penggunaan Aplikasi Umum Berbagi Pakai

Aspek 2: Kebijakan LayananIndikator 8Kebijakan Layanan Naskah Dinas


Indikator 9Kebijakan Layanan Manajemen Kepegawaian


Indikator 10Kebijakan Layanan Manajemen Perencanaan dan Penganggaran


Indikator 11Kebijakan Layanan Manajemen Keuangan


Indikator 12Kebijakan Layanan Manajemen Kinerja


Indikator 13Kebijakan Layanan Pengadaan


Indikator 14Kebijakan Layanan Pengaduan Publik


Indikator 15Kebijakan Layanan JDIH


Indikator 16Kebijakan Layanan Whistle Blowing System


Indikator 17Kebijakan Layanan publik Instansi Pemerintah
Domain 2: Tata Kelola SPBEAspek 3: KelembagaanIndikator 18Tim Pengarah SPBE Instansi Pemerintah


Indikator 19Inovasi Proses Bisnis Terintegrasi

Aspek 4: Strategi dan PerencanaanIndikator 20Rencana Induk SPBE Instansi Pemerintah


Indikator 21Anggaran dan Belanja IT

Aspek 5: Teknologi Informasi dan KomunikasiIndikator 22Pengoperasian Pusat Data


Indikator 23Integrasi Sistem Aplikasi


Indikator 24Penggunaan Aplikasi Umum Berbagi Pakai
Domain 3: Layanan SPBEAspek 6: Layanan Administrasi Pemerintahan Berbasis ElektronikIndikator 25Layanan Naskah Dinas


Indikator 26Layanan Manajemen Kepegawaian


Indikator 27Layanan Manajemen Perencanaan


Indikator 28Layanan Manajemen Penganggaran


Indikator 29Layanan Manajemen Keuangan


Indikator 30Layanan Manajemen Kinerja


Indikator 31Layanan Pengadaan

Aspek 7: Layanan Publik Berbasis ElektronikIndikator 32Layanan Pengaduan Publik


Indikator 33Layanan JDIH


Indikator 34Layanan Whistle Blowing System


Indikator 35Layanan Publik Instansi Pemerintah